Blog Ribuan Info

Pasang Iklan 970x60

Cara Membuat Email Yahoo dan Gmail dari Google

Cara Membuat Email

Sebagian atau mungkin seluruh dari Anda, tentu tidak akan asing dengan Ymail dari Yahoo dan Gmail dari Google, bukan ? Yap, keduanya adalah situs penyedia layanan untuk membuat email yang terbaik saat ini, bahkan hampir seluruh penggun internet, bisa dipastikan memiliki salah satu atau bahkan kedua email tersebut.

Buat email di Yahoo maupun di Google, sebenarnya sama saja, sama-sama mudah. Karena, yang perlu kita lakukan untuk membuat email di salah satu situs penyedia email tersebut hanyalah mengisi formulir, formulir disini berisi beberapa data pribadi Anda, seperti nama, tanggal lahir dan no handphone.

Meskipun, cara membuat email terbilang sebagai pekerjaan yang tidak terlalu susah untuk dilakukan, namun saya yakin pasti masih ada beberapa orang yang bingung bagaimana cara membuat email, khususnya untuk mereka yang baru belajar dan mengenal 'dunia' internet.

Atas dasar itulah, melalui artikel ini saya akan memberikan dua tutorial sekaligus, kedua tutorial yang saya maksud tersebut diantaranya meliput :


Selanjutnya mari kita pahas satu per satu dari kedua poin cara membuat email diatas, dan tentunya akan saya sertakan pula dengan gambar pendukung agar lebih mudah Anda dalam belajar membuat email baru.

Cara Membuat Email Ymail di Yahoo


Cara Membuat Email Ymail di Yahoo

Membuat email Ymail, bisa dibilang sabagai cara membuat email yang paling mudah diantara layanan lain yang notabenya membutuhkan rusan data untuk diisi.

Kali ini saya akan membahas cara membuat email. Email adalah dasar dari semua akun, contohnya anda ingin membuat facebook,twitter dan lain lain anda harus mendaftar dengan memasukan email. Okay langsung saja berikut tutorial membuat email di yahoo yang sudah saya coba sendiri dan berhasil.

  1. Buka situs Yahoo Mail melalui alamat ini https://mail.yahoo.com

    Cara Membuat Email Ymail di Yahoo 1

    Jika Anda ingin buat email Yahoo Indonesia maka cukup Anda tambahkan ?.intl=id menjadi https://mail.yahoo.com/?.intl=id.

  2. Klik tombol 'Buat Account'

    Cara Membuat Email Ymail di Yahoo 2

    Pada bagian kanan layar komputer atau laptop Anda, cari dan klik tombol berwarna biru yang bertuliskan 'buat acoount'.

  3. Masukkan data diri Anda

    Cara Membuat Email Ymail di Yahoo 3

    Pada menu pendaftaran email Yahoo, Anda akan diminta untuk memasukkan data diri yang meliputi :

    Nama depan
    Nama belakang
    Kata sandi
    Nomor ponsel
    Tanggal lahir
    Jenis kelamin
    Nomor ponsel alternatif

    Keenam poin diatas wajib Anda isi, sementara untuk poin ketujuh sebenarnya opsional artinya kita tidak wajib mengisinya. Jika semua sudah terisi klik 'buat account'.

  4. Klik 'persiapan awal' untuk mulai menggunakan Yahoo Mail

    Cara Membuat Email Ymail di Yahoo 4

    Jika beruntung, kita akan langsung diarahkan pada halaman seperti gambar diatas yang artinya kita sudah berhsil membuat email yahoo, namun jika tidak, maka kita harus mengisi captcha dan memverifikasi nomor telpon terlebih dahulu.

  5. Email siap untuk digunakan

    Cara Membuat Email Ymail di Yahoo 5

    Pada tahap ini kita sudah berhasil buat email yahoo selanjutnya kita bisa menggunakan email tersebut untuk mengirim dan menerima email.

Selesai sudah proses pembuatan email di Yahoo. Bagaimana ? tidak terlalu susah bukan cara membuat email diatas ?

Jadi jika Anda ingin buat email Yahoo dalam jumlah banyak silahkan ulangi langkah diatas dari awal, dan jangan lupa siapkan pula nomor handphone dalam jumlah banyak, untuk mengantisipasi jika pihak Yahoo Mail meminta verifikasi via handphone.

Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana cara membuat email di Google dengan mudah, cepat dan gratis.

Cara Membuat Email Gmail di Google


Cara Membuat Email Gmail di Google

Gmail adalah situs layanan email dari Google. Gmail merupakan singkatan dari Google Mail. Gmail dikembangkan oleh Google sejak 2004 dan dirilis untuk umum pada tahun 2007, dengan ruang penyimpanan sebesar 1GB, dan terus bertambah tiap tahunnya, hingga kini pada tahun 2015 telah mencapai 15 GB (gratis) dan 30 TB (berbayar).

Jika Anda tertarik untuk membuat email di Gmail, berikut panduan lengkapn tentang bagaimana cara membuat email di Google lengkap dengan gambar pendukung.

  1. Kunjungi situs Google Mail di https://mail.google.com/?hl=id

    Cara Membuat Email Gmail di Google 1

    Berbeda dengan Yahoo yang menyediakan layanan email berbasis negara, di Gmail tidak demikian, karena semua sama dan hanya ada 1 domain yaitu @gmail.com.

  2. Klik tombol 'Buat Akun'

    Cara Membuat Email Gmail di Google 2

    Ukuran situs gmail ini bisa terbilang sangat berat, jadi sabar saja menunggu hingga halaman selesai di load, jika sudah klik tombol 'buat akun'.

  3. Isi informasi yang diminta

    Cara Membuat Email Gmail di Google 3

    Pada menu pendaftaran email gmail, nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan informasi yang meliputi :

    Nama depan
    Nama belakang
    Nama pengguna
    Kata sandi
    Tanggal lahir
    Jenis kelamin
    Nomor ponsel
    Email saat ini

    Isikan semua sesuai dengan data diri Anda, dan pada klomo nomor ponsel pastikan Anda memasukkan nomor yang aktif, karena besar kemungkinan pihak Gmail akan meminta Anda untuk melakukan verifikasi no hp.

  4. Klik 'Langkah Berikutnya'

    Cara Membuat Email Gmail di Google 4

    Cek kembali data yang Anda masukkan, jika semua data dirasa sudah benar, silahkan Anda lanjutkan proses buat email gmail dengan cara mengklik tombol 'langkah berikutnya'.

  5. Klik 'Tidak Terimakasih'

    Cara Membuat Email Gmail di Google 5

    Lagi-lagi saya beruntung, karena tidak diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone. Namun, untuk Anda yang diminta untuk verifikasi, lakukan saja cara dengan membuka handphone lalu tulis kode tersebut lalu masukkan di kotak yang disediakan Gmail.

  6. Klik 'Lanjutkan ke Gmail'

    Cara Membuat Email Gmail di Google 6

    Tahap terakhir pada proses pembuatan email gmail, artinya pada tahap ini kita sudah berhasil daftar email gmail dan akun gmail yang kita buat sudah bisa digunakan.

Sekedar informasi saja bahwa Google memiliki dua tampilan pada situs layanan email Gmail mereka, kedua versi yang saya maksud adalah versi HTML Biasa dan versi Standar. Perbedaan kedua versi tersebut bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Gmail tampilan HTML Biasa
Gmail tampilan HTML Biasa

Gmail tampilan Standar
Gmail tampilan Standar

Terlihat jelas bahwa Gmail dengan tampilan HTML Biasa terlihat lebih simple dan pastinya jauh lebih ringan, sementara untuk Gmail Standar lebih mementingkan desain dan dari segi ukuran juga jauh lebih berat dibanding Gmail HTML Biasa.

Selesai sudah tutorial cara mebuat email di Yahoo dan cara membuat email di Google kali ini, saya rasa tutorial diatas sudah cukup jelas dan mudah untuk dipahami karena saya sertakan gambar pendukung. Namun, jika Anda merasa artikel cara membuat email diatas masih terlalu susah untuk dipahami dan Anda belum juga berhasil uat email baik di Yahoo maupun di Google, silahka tinggalkan komentar dibawah dan akan kami bantu sebisa mungkin.
Tag : Cara, Email
Back to top